Kamis, 01 Desember 2016

Suspensi, larutan dan koloid

Pemisahan Campuran
dok.PLPG Kimia Tahun 2010 

Berdasarkan ukuran partikelnya, sistem dispersi dibedakan menjadi 3 kelompok, yaitu suspensi, koloid dan larutan.
1.    Suspensi
Suspensi merupakan sistem dispersi dengan ukuran partikel terdispersi yang relatif besar dan tersebar merata dalam medium pendispersinya. Pada umumnya suspensi merupakan campuran heterogen.
Contoh : pasir yang dicampur dengan air
Dalam sistem dispersi tersebut, partikel terdispersi dapat diamati dengan mikroskop atau dengan mata telanjang. Apabila suspensi tidak diaduk terus-menerus, partikel terdispersi akan mengendap akibat gaya gravitasi bumi. Oleh karena itu, suspensi tidak stabil. Semakin besar ukuran partikel terdispersi, semakin cepat pengendapan itu terjadi.
Suspensi dapat dipisahkan dengan penyaringan atau filtrasi. Karena ukuran partikel terdispersinya besar, maka partikel-partikel terdispersi akan tertinggal di kertas saring.

2.    Larutan
Larutan merupakan sistem dispersi dengan ukuran partikel-partikelnya sangat kecil. Partikel pendispersi dan partikel terdispersi tidak dapat diamati (dibedakan) meskipun dengan mikroskop ultra. Larutan merupakan campuran homogen karena tingkat ukuran partikelnya adalah molekul atau ion-ion, sehingga sukar dipisahkan dengan penyaringan dan centrifuge (pemusing).
Ukuran partikel zat terdispersi dan medium pendispersinya hampir sama, maka sifat zat pendispersi dalam larutan akan berpengaruh (berubah) dengan adanya zat terdispersi.

3.    Koloid
Istilah koloid pertama kali diperkenalkan oleh Thomas Graham (1861) berdasarkan pengamatannya terhadap gelatin yang merupakan Kristal tetapi sukar mengalami difusi, padahal umumnya Kristal  mudah mengalami difusi. Pada umumnya koloid mempunyai ukuran partikel antara 1 nm – 100 nm. Oleh karena ukuran partikel relative kecil, system koloid tidak dapat diamati dengan mata langsung (mata telanjang), tetapi diamati dengan mikroskop ultra.
Contoh : susu, santan, jeli, mentega, mayones, selai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar